Sunday, December 6, 2009

Senjata Tepat Bersih-Bersih Rumah

Kegiatan bebenah rumah seperti toilet dan lantai, merupakan kegiatan rutin yang harus kita lakukan sebagai ibu rumah tangga. Namun, untuk mewujudkan rumah bersih dan sehat pertama-tama kita harus mengerti fungsi dan manfaat dari “senjata perang” yang akan digunakan. Menggunakan alat dengan cara yang tepat, bisa menghemat waktu serta tenaga kita.

Mengepel lantai – Gunakan pel berbahan spons
Pel dengan bahan spons lebih baik dari pel kain, karena permukaan pel spons yang rata terbukti lebih efektif dan praktis untuk membersihkan kotoran pada lantai rumah. Faktanya, kuman dan bakteri lebih rentan menempel pada pel kain, walau sudah dibilas sekalipun.

Setelah tahu bahan yang pas untuk membersihkan lantai, kita juga harus tahu cara penggunaan pel spons yang benar. Philip M.Tierno,Jr.,PhD, Direktur bidang mikrobiologi klinis di New York University Medical Center, menyarankan agar setelah pemakaian kita membiasakan diri untuk membilas pel spons dengan larutan sabun dan air hangat, lalu mengeringkannya dengan meletakkan tongkat pel dalam posisi terbalik.

Membersihkan toilet – Gunakan sikat toilet
Walaupun tablet toilet bisa membersihkan lebih cepat, tapi kotoran yang menempel tidak akan hilang sepenuhnya. Itu artinya, kita masih harus menyikatnya, karena kotoran yang tidak rontok tersebut yang bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.
Cara lebih baik, tuangkan secangkir pemutih (bleach) ke dalam toilet dan diamkan semalaman, lalu sikat. Akhirnya dengan menekan tombol flush untuk membilas kloset. Pemutih berfungsi untuk membasmi bakteri dan jamur di toilet, serta menghemat tenaga kita dalam menyikat.

1 comments:

kta said...

Tapi senjata yang paling kita temui buat bersih-bersih rumah adalah sapu :)