Sunday, March 16, 2014

Cara membersihkan perhiasan emas dan perak


Cara membersihkan emas :

Pertama siapkan terlebih dahulu perlengkapan untuk membersihkan perhiasan yaitu sabun bayi, sikat lembut, kain lembut, dan air hangat dua mangkuk.

Setelah perlengkapan tersedia, lakukan proses pembersihan dengan menuangkan sabun bayi beberapa tetes ke dalam satu mangkuk air hangat. Setelah dituangkan kemudian di adauk-aduk hingga sabun benar-benar bercampur rata dengan air.

Langkah selanjutnya adalah ambil perhiasan yang hendak dibersihkan kemudian masukkan kedalam air yang telah tercampur dengan sabun bayi dan rendam perhiasan selama kurang lebih 10 menit.cara membersihkan emas



Setelah proses perendaman selama 10 menit, pastinya kotoran sudah mudah di bersihkan. Gunakanlah sikat lembut untuk membersihkan kotoran yang bersembunyi di sela-sela motif perhiasan. Bersihkan secara perlahan, hati-hati dan teliti sembari memastikan tidak ada lagi kotoran yang tertinggal.

Setelah proses penyikatan selesai dan sudah yakin tidak ada kotoran yang tertinggal, celupkan secara berulang kedalam air hangat yang telah disediakan di mangkuk. Proses ini dilakukan untuk membersihkan kotoran sekaligus membilas sisa sabun yang masih menempel pada perhiasan.

Setelah proses pembilasan selesai, pastikan bahwa tidak ada sama sekali sisa-sisa sabun dan kotoran yang menempel pada perhiasan. Kemudian ambil kain kering dengan tekstur lembut untuk mengeringkan perhiasan.

Setelah dikeringkan dengan kain lembut kita harus mengangin-anginkan perhiasan tersebut agar benar-benar tidak ada sisa air pada sela-sela perhiasan emas.

Cara membersihkan perhiasan perak :

Sebelum membersihkan perhiasan, bersihkan dahulu perhiasan dari debu dan kotoran pada permukaannya. Anda bisa menggunakan kain dari bahan yang lembut untuk membersihkannya. Ini untuk menghindari dari kerusakan perhiasan karena gesekan yang kasar. Yang perlu diingat saat membersihkan perhiasan perak, gosokkan lap ke arah yg sama pada perhiasan perak anda, dan dgn arah lurus. Jika Anda membersihkan secara melingkar, dikhawatirkan akan menggores perhiasan tersebut.

Rendam perhiasan perak dengan air panas yang telah dicampur 2-3 sendok baking soda. Pastikan perhiasan benar-benar terendam dalam campuran air baking soda.

Diamkan selama 2-3 menit lalu keringkan dengan kain lembut. Pastikan benar-benar kering agar terhindar kerusakan pada perhiasan. Dengan perawatan ini perhiasan perak kembali cerah.

Perak juga dapat dibersihkan dengan deterjen. Campurkan air hangat dengan 2-3 sendok deterjen dan bersihkan perhiasan di dalam mangkuk dengan sikat gigi.

Perlu diperhatikan, bandul atau batu permata jangan sampai terkena deterjen, karena ia akan merusak kejernihan batu permata.

Saat menyimpannya, jauhkan dari cahaya dan udara. Bungkus dengan kertas kedap air, lalu masukkan kedalam plastik dan simpan ditempat yang gelap. Jika memungkinkan, simpan perhiasan perak ke dalam jewelry box berbahan beludru, dan jauhkan dari apapun yg berbahan logam.

Sumber : http://missjoaquim.com
Sumber gambar : http://mierabella2000.blogspot.com

3 comments:

farah cantik said...

Informasi menarik. Perhiasan cantik tak hanya menjadikan Anda tampil lebih cantik, melainkan juga membuat Anda semakin percaya diri. Jika Anda ingin melihat model perhiasan terbaru, silakan KLIK DISINI>> perhiasan. Dan jika Anda ingin membuat membuat Perhiasan Nama, seperti kalung nama, Gelang Nama, cincin nama, silakan Anda KLIK DISINI>> Kalung Nama.

Sinta Dewi said...

Info menarik dan bermanfaat. Saat ini, Perhiasan Nama Cantik seperti Perhiasan Kalung Nama, Gelang Nama, dan Cincin Nama sedang menjadi trend baru di kalangan remaja. Jika Anda tertarik ingin membuat Kalung Nama, Gelang Nama, dan Cincin Nama, silakan KLIK DISINI>>Perhiasan Nama.

Kursi Klasik said...

Patur dicoba.
Meja Antique

Kursi Klasik Set

Sofa Modern Romawi

Mebel Jati Jepara