Sunday, March 27, 2011

Langkah Agar Karpet Bersih dan Awet

Karpet merupakan salah satu perlengkapan di rumah yang perlu penanganan khusus dalam merawatnya. Cara-cara perawatan yang kurang tepat bisa membuat karpet bertambah kotor dan mudah rusak.

Bersihkan karpet Anda dengan cara yang tepat agar selalu awet. Berikut ini tipsnya, seperti dikutip dari Helium:

1. Bersihkan Sesering Mungkin
Karpet harus sering dibersihkan menggunakan penyedot debu/vacuum cleaner, terutama jika Anda baru saja memasang karpet. Meski tampak bersih, serat-serat pada karpet bisa tercampur dengan debu dan kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama, kotoran akan menumpuk. Selain tidak baik untuk kesehatan, kotoran yang menumpuk juga akan lebih cepat merusak karpet.

Bersihkan karpet dengan vacuum cleaner minimal seminggu sekali. Fokuskan pada daerah yang sering dilewati orang, karena biasanya kotoran paling banyak menempel di area tersebut.

2. Jangan Berjalan dengan Kaki Telanjang
Banyak orang beranggapan bahwa berjalan di rumah tanpa alas kaki bisa membuat karpet bersih lebih lama. Namun anggapan itu tak sepenuhnya benar. Kaki mengeluarkan keringat dan minyak. Saat bersentuhan dengan karpet, minyak dan keringat menempel pada karpet sehingga menyebabkan debu dan kotoran mudah melekat. Sebaiknya kenakan kaus kaki atau slippers saat berjalan di atas karpet.

3. Jangan Cuci Karpet dengan Sabun
Sebaiknya jangan cuci karpet Anda dengan deterjen atau cairan pembersih yang mengandung sabun. Busa yang dihasilkan sabun akan meninggalkan sisa-sisa residu yang justru akan mengikat lebih banyak debu di karpet.
Selain itu, residu sabun yang tertinggal juga bisa melemahkan serat karpet sehingga membuat karpet mudah robek atau rusak.

Bahan paling tepat untuk membersihkan karpet tanpa merusaknya, ternyata cukup mudah didapat, yaitu cuka putih. Campurkan satu botol cuka dengan satu galon air. Siramkan campuran tersebut ke atas karpet, sikat sebentar, lalu bilas dengan air bersih.
Jangan khawatir rumah Anda akan berbau cuka, karena baunya akan hilang dalam 24 jam. Hanya pastikan karpet Anda tidak dalam keadaan lembab terlalu lama.

Sumber : Citydirectory.co.id

20 comments:

Steve said...

artikel yang bagus banget nih... terutama tips yg nomer 2 dan 3. sangat mencerahkan. trims yach...

QSEW said...

betul...bagus banget dan banyak orang yg belom tau nih.. tengkiyu info nya

SMARTPHONES said...

wah saya baru sadar nih..
ini tips yang sangat sempurna !!! very very nice info!! thanks ya

Diva said...

Greats! Tips yang sangat berguna. Bila anda ingin berkonsultasi dengan arsitek untuk desain rumah atau interior ruangan di rumah anda. Silahkan hubungi kami di 08175405303 atau klik di http://www.deljavastudio.blogspot.com. Trims

Internet marketing Calgary said...

It’s in point of fact a nice and useful piece of info. I’m satisfied that you shared this helpful info with us. Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.

Chicago bathroom remodeling said...

Thank you admin, I've recently been searching for information approximately this topic for a while and yours is the best I have found out so far.

Chicago construction company said...

Hey very nice web !! Man .. Excellent .. Amazing .. I will bookmark your blog.…I'm happy to find a lot of useful info here in the post, we need work out more techniques in this regard, thanks for sharing.

Free Business Listings said...

I have recently been searching for information about this topic forWhen you is the best I have found so far. However, the bottom line? You are positive about the source?

yacht transport said...

This article was extremely interesting, especially because I was looking
for thoughts on this matter last Monday.

boat transport said...

information here. I am sending it to a
few friends ans also sharing in delicious. And obviously, thank you on your
sweat!

salt lamp said...

Good Post and have informational knowledge. I really impresses! I visited this page and found very informative knowledge. This post is showing a good approach on this Topic. I really impressed !

salt lamp

Boat Transport said...

it is good

boat shipping said...

it is good

HVAC Kirkland said...

This is a fantastic website and I can not recommend you guys enough. Full of useful resource and great layout very easy on the eyes. Please do keep up this great work

bahasa inggris said...

wah.. info yang bagus nih.Thanks ya..

www.pendidikaninggris.com conversation rahasia kemunafikan bahasa inggris

headhunter singapore said...

all of them had been used and tested during my many years of advising clients and training recruitment consultants

recruitment agency said...

all of them had been used and tested during my many years of advising clients and training recruitment consultants

Linna said...

Perfect, manfaat sekali infonya thank ya.

jual baju gamis muslimah said...

artikelnya sungguh manfaat, yang tadinya tidak tau jadi tau, terimakasih.

cuci springbed bekasi said...

untuk yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu, mungkin bisa memanfaatkan jasa cuci karpet ya gan...
thanks gan..